HRD HIGHLIGHT ------- DEVELOPING PEOPLE FOR DEVELOPMENT PEOPLE

HRD HIGHLIGHT

Developing People for Development People

Tentu saja kita sudah mengetahui tugas utama HRD adalah develpoing people disebut juga mengembangkan potensi manusia.  Proses Developing People sangat berpengaruh demi kemajuan suatu instansi atau perusahaan yang bersangkutan, kenapa? Karena manusia merupakan aset utama yang tanpa batas dapat dikembangkan kemampuannya yang akhirnya dapat membantu suatu perusahaan atau instansi mencapai tujuan yang dicita-citakan. Namun kita harus mengetahui bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda , seperti yang dijelaskan oleh Bpk. Hery Wibowo bahwa setiap individu memiliki kemampuan dan kemauan yang berbeda,dan dapat kita petakan dalam bagan sdm seperti dibawah ini:


BAGAN SDM

T
 


TR                              TT
 

RR                          RT
 

R

Dari bagan diatas dijelaskan bahwa :
T merupakan “kemauan”
R merupakan “kemampuan”

SDM yang paling baik adalah pada bagian TT dimana SDM tersebut memiliki kemampuan dan kemampuan yang sangat baik

SDM yang buruk terdapat pada bagian RT dimana SDM tersebut tidak memiliki kemampuan dan kemampuan

Oleh karena itu sebelum melakukan developing people atau pengembangan karyawan, HRD harus melakukan beberapa tahapan agar mendapatkan sdm yang berkualitas. Tahapan-tahapan tersebut antara lain: Perencanaan SDM, Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi.

Dalam Buku MYELIN Mobilisasi Intangibles menjadi kekuatan perubahan- Renald Kasali di jelaskan bahwa aset terbagi menjadi 2 yaitu aset dimensi benda (hidup dan tidak hidup) dan aset dimensi penampakan (tangibles dan Intagibles) , dimensi benda hidup yaitu SDM tidak hidup yaitu tanah bangunan kendaraan, sedangkan dimensi penampakan terbagi menjadi 2 yaitu tangibles dan intangibles (internal dan eksternal), aset intagibles inilah yang dapat menjadi sumber kekuatan besar perubahan dalam suatu perusahaan. Aset intagibles antara lain:

Internal :
·  Values dan Culture yaitu menghargai dan menghormati sesama pegawai atau kepada konsumen, memiliki nilai dan moral yang baik, attitude yang baik, ramah, dan selalu ingin menjadi lebih baik.
·         Skill kemampuan yang didasari oleh nilai-nilai
·   Knowledge adalah pengetahuan yang luas sehingga dapat menghasilkan kelompok atau teamwork yang baik

Eksternal :
·         Support adalah segala bentuk dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat luas
·         Brand Loyalty adalah secara tidak langsung produk tersebut telah dipromosikan oleh orang-orang, dimana seseorang memberi produk tersebut secara berulang-ulang tanpa mengganti produk lain
·      Brand image adalah pandangan masyarakat pada sebuah produk yang sudah melekat. Misalnya : seseorang yang akan membeli produk mie biasanya mengatakan akan membeli “indomie” walaupun sebenarnya dia membeli produk mie lain
·        Trust adalah kepercayaan seseorang pada sebuah produk yang kualitas dan mutunya sudah terjamin
·      Reputasi adalah kesimpulan dari sebuah produk atau nilai-nilai yang baik dari perusahaan tersebut

Oleh karena itu HRD harus menciptakan aset intangibles yang kuat dalam suatu perusahaan yang diterapkan melalui para SDMnya dengan memberikan kebiasaan melalui latihan yang berupa Myelin. Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui Myelin itu apa. Myelin adalah sebuah untaian yang membungkus syaraf manusia. Selain membungkus syaraf, Myelin juga berfungsi untuk mempercepat impuls yang dikirim dari satu syaraf ke syaraf yang lain. Semakin intens seseorang terlibat dalam tindakan atau latihan, Semakin tebal Myelin nya, semakin hebat dia bekerja.

Brain memory terbentuk karena pengetahuan, dan muscle memory terbentuk karena latihan. Manusia yang mengasah brain memory nya saja akan menjadi manusia formula, dan manusia yang mengasah muscle memory nya saja akan bergerak secara reflektif otomatis. Gabungan antara keduanya akan memunculkan sebuah daya saing yang berlimpah dalam bentuk nilai-nilai yang Intangibles, serta perubahan tangibles dahsyat yang akan berbeda dibandingkan dengan orientasi-orientasi sebelumnya

Selain itu Myelin yang harus dibentuk dalam developing people adalah sikap KAIZEN, yaitu usaha terus-menerus untuk meningkatkan produktivitas yang baik setiap harinya sehingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan tersebut terbentuk dari 3 aspek yaitu: pengetahuan (tidak tahu menjadi tahu), sikap (tidak mau menjadi mau), dan keterampilan (tidak mampu menjadi mampu)

Selain itu untuk menciptakan development people, dalam buku Young On Top-Billy Boen dijelaskan bahwa ciri orang berkembang adalah :

1.     Do what you love dan Love what you do (mencintai pekerjaannya)
2.    Be Grateful 
3.    Healthy Life
4.    Integrity
5.    Dream and Think Big
6.    Confidence
7.    On Time
8.    Open Minded
9.    Respect
1.  Never Give Up

Dan HRD abad 21 seperti sekarang harus memiliki kriteria seperti diatas mengapa? Karena sebelum HRD mengembangkan orang lain, maka HRD yang berkualitas harus mengembangkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Selain itu HRD di abad 21 harus mempunyai ciri:

1.     Creative yaitu mampu membuat sesuatu yang efektif dan lebih efesien juga mempunyai nilai
2.    Spesifik Skill yaitu ahli dalam salah satu bidang HRD misalnya ahli perencanaan SDM
3.    Multi Tasking yaitu menguasai segala sesuatunya (serba bisa)

Dalam buku Psikologi untuk Pengembangan Diri-Hery Wibowo dijelaskan bahwa pengembangan diri yang pada gilirannya dapat digunakan untuk mendorong terciptanya pribadi yang positif dan adapun caranya antara lain dengan melakukan:
1.     Pengembangan diri dan keberfungsian yang optimal
2.    Pengembangan diri dan dunia kita
3.    Pengembangan diri, altruisme dan kebahagiaan
4.    Pengembangan diri dan belajar
5.    Pengembangan diri dan keputusan yang menentukan tujuan
6.    Pengembangan diri dan positif feeling
7.    Pengembangan diri dan kedewasaan
8.    Pengembangan diri dan berpikir apresiatif

Dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi HRD yang berkualitas harus bisa mengembangkan diri kita pribadi masing-masing terlebih dahulu sebelum kita mengembangkan orang lain. Kita harus memiliki ciri-ciri tersebut untuk mengembangkan diri kita, dan menerapkannya dalam kebiasaan sehari-hari agar menjadi myelin dalam diri kita.


Sumber:
Psikologi untuk pengembangan diri – Bpk. Hery Wibowo
Young on top – Billy Boen
MYELIN Mobilisasi Intangibles menjadi kekuatan perubahan- Renald Kasali









0komentar:

Poskan Komentar

 

chictopia

Instagram asriismaya

twitter : @ismayaasri

https://twitter.com/ismayaasri